Sunday, April 7, 2013

Tanda Keganasan Payudara


Tanda Keganasan Pada Payudara
Tumor yang terdapat dipermukaan dapat menonjol pada payudara atau menyebabkan retraksi pada permukaan kulit.  Retraksi kulit pada tumor payudara dapat disebabkan oleh ekstensi tumor secara langsung atau fibrosis. Tumor yang terletak lebih dalam yang melibatkan ligamen Cooper’s dapat juga menyebabkan retraksi. Meskipun retraksi sering sebagai tanda keganasan namun lesi jinak payudara seperti tumor sel granular dan fat nekrosis, biopsi dan thrombophlebitis vena thoracoepigastrik (Mondor’s disease), juga dapat menyebabkan retraksi.
(Anatomic Basis of Tumor Surgery. 2nd Edition  W. C. Wood, C. A. Staley and J. E. Skandalakis)



(BLACK’S MEDICAL DICTIONARY  41st  EDITION Edited by Dr Harvey Marcovitch)
Peau d’orange (edema pada kulit payudara) biasanya ekstensif dan timbul cepat. Ini biasanya terdapat pada separuh bawah payudara dan daerah periareolar, akan lebih jelas bila pasien mengangkat lengan. Meskipun ini banyak disebabkan oleh penyumbatan kelenjar limfe dermis oleh sel-sel tumor, tapi dapat juga disebabkan oleh terlibatnya kgb aksila yang berhubungan dengan metastasis tumor, penyakit primer pada kgb aksila, atau diseksi aksila. Beberapa edem payudara sering terjadi setelah radiasi payudara dan ini bukanlah suatu yang abnormal.


               Eritema                                                              Peau d’orange
(Textbook of physical diagnosis : history and examination / Mark H Swartz. – 6th ed.)

Eritema adalah  tanda patologik lain yang tampak pada inspeksi. Ini dapat diakibatkan oleh selulitis atau abses payudara. Tetapi suatu diagnosis mastitis karcinomatosa harus selalu dipertimbangkan. Eritema oleh mastitis karsinomatosa biasanya mengenai seluruh payudara dan dibedakan dari inflamasi yang disebabkan oleh infeksi dan abses dengan tidak adanya nyeri dan demam.
(Essential Clinical Anatomy, Keith L. Moore, Anne M.R. Agur , Arthur F. Dalley II, 4th Ed)

No comments:

Post a Comment